Komunikasi data nirkabel lewat cahaya

Posted: March 3, 2010 by opr3kkomd4 in Uncategorized

01 Feb 2010
• Bisnis Indonesia
• Teknologi
OLEH GOMBANG NAN CENCKA Kontributor Bisnis Indonesia
Tidak hanya gelombang radio yang bisa jadi sarana komunikasi nirkabel, tetapi juga gelombang cahaya. Gelombang cahaya bahkan dapat mentransmisikan data dengan lebih cepat. Karena itu sekelompok insinyur dari Penn State Universlty.AS, mencoba mengeksplorasi kemungkinan ini. Hasil penelitian mereka telah dipresentasikan dalam SPIE-Phonotics West Conference di San Francisco tanggal 27 Januari lalu.
Penerapan gelombang cahaya sebagai peng-hantar data sebenarnya dapat ditemukan dalam serat optik. Bedanya, dalam bentuk ini gelom- bang cahaya “dikurung” dalam pandu gelombang, yang kemudian dibungkus dalam kabel. Serat optik lebih dipandang sebagai komunikasi kabel.Cahaya sebagai sarana komunikasi nirkabel sebenarnya punya kekurangan. Gelombang cahaya harus dikirimkan mengikuti garis pandang (line of sight). Alternatif lain, mendifusikan cahaya, melemahkan kuat sinyal. Karena itu para periset itu mencoba memecahkannya dengan transmiter multi-elemen dan penerima optik multicabang.
Sistem ini menggunakan dioda laser berdaya tinggi sebagai transmiter optik. Dioda laser ini mengonversi arus listrik menjadi cahaya. Sementara itu di bagian penerima digunakan fotodioda, yang kemudian mengkonversi cahaya menjadi listrik.Mohshen Kavehrad, guru besar Teknik Elektro Penn State University, memandang ini sebagai sistem yang ideal. Sistem radio dapat menembus dinding, yang menurutnya punya masalah keamanan. Sistem optik ini tidak dapat menembus dinding, tanpa transmiter khusus. “Keamanan yang paling tinggi adalah lapis keamanan fisik,” ujar Mohshen Kavehrad.Para penggemar notebook bisa berharap dengan teknologi ini, karena akses komunikasi berbasis Wi-Fi {wireless fidelity) ternya-ta lemah dari sisi kemanan.
Kesimpulan: gelombang radio bukan hanya bisa jadi sarana komunikasi nirkabel, tetapi juga gelombang cahaya yang dapat mentransmisikan data dengan lebih cepat.
by: sintawati

Comments
  1. yufie monteque ilhaem says:

    KOMDA like this,,,,,,,,,,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s